Lupakan Dunia dan Berpalinglah pada ASEAN yang Baru

Lupakan Dunia dan Berpalinglah pada ASEAN yang Baru

 

Mungkin judul di atas terkesan terasa bombastis atau berlebihan. Namun, kesan itu bisa salah karena memang benar adanya bahwa ASEAN saat ini menjadi poros kekuatan ekonomi baru yang patut diperhitungkan.

Philip Kotler, Bapak Marketing Modern, dalam bukunya “Think New ASEAN!” (McGraw Hill, 2015), mengatakan dalam executive summary-nya, “Forget the world, think new ASEAN.” Buku yang ditulis bersama Hermawan Kartajaya dan Hooi Den Huan ini mengupas secara mendalam tentang ASEAN yang telah bertransformasi sedemikian rupa menjadi kekuatan baru di dunia. Tak tanggung-tanggung, ia menyebut think new ASEAN. 

Di pengantarnya, Kotler memaparkan bagaimana globalisasi yang sekian lama berlangsung ini mengubah wajah dunia saat ini. Selama tiga dekade terakhir, globalisasi menjadi tema “seksi” yang didiskusikan di kalangan negarawan, pembuat kebijakan, pemimpin bisnis, mahasiswa, aktivis, dan sebagainya.

Suka tidak suka, globalisasi merupakan proses yang terus maju, tidak bisa diulang, atau balik arah. Globalisasi ini menyentuh fungsi-fungsi utama dalam sistem dunia ini, seperti ekonomi, politik, sosial, dan teknologi. Kotler menegaskan, pemenang dalam globalisasi ini bukanlah negara-negara kaya. Pemenangnya adalah mereka yang mampu mengadopsi kebijakan pasar terbuka untuk mengatur arus kapital dan teknologi dalam rangka mengelola perdagangan lintas batas secara kompetitif.

 

Sumber : marketeers.com – link

===========================
Konsultasikan peningkatan Brand  anda dengan Riau Brand, hubungi :
Phone :(0761) 6700 858
WA dan Telegram :0822 8537 8998
Instagram : @riaubrand
Email : info@riaubrand.com

 



Leave a Reply