Manfaat Konsep Brand Untuk Kebutuhan Konsumen

Manfaat Konsep Brand Untuk Kebutuhan Konsumen

 

Jika Anda memiliki brand sebuah produk, Anda harus mengelola brand tersebut secara strategis untuk meningkatkan ekuitas dan loyalitas konsumen Anda. Usaha dan manajemen pengelolaan brand ini disebut dengan “konsep merek” (brand-concept management). Konsep brand dapat didefinisikan sebagai “proses perencanaan, implementasi, dan pengendalian suatu konsep merek sepanjang masa hidup merek tersebut”.

Anda harus memahami bahwa konsep brand adalah arti khusus yang diciptakan oleh manajer brand dan dikomunikasikan kepada target pasarnya. Menyusun suatu konsep, atau arti brand yang spesifik dapat dicapai melalui pemenuhan salah satu dari tiga kategori kebutuhan dasar konsumen, yaitu kebutuhan fungsional, kebutuhan simbolis, dan kebutuhan experiental.

Adapun manfaat merek bagi kebutuhan konsumen adalah :

  • Kebutuhan Fungsional (Functional Needs)
    Manajemen konsep brand harus berusaha untuk menyediakan solusi bagi masalah-masalah konsumsi atau potensi permasalahan yang dapat dihadapi oleh konsumen, dengan mengkomunikasikan bahwa seuatu brand memiliki manfaat spesifik yang dapat memecahkan masalah-masalah tersebut.
    .
  • Kebutuhan Simbolis (Symbolic Needs)
    Pemenuhan kebutuhan simbolis diarahkan kepada keinginan konsumen dalam upaya memperbaiki diri, dihargai sebagai anggota dari suatu kelompok, afiliasi, dan rasa memiliki. Manajemen konsep brand yang ditujukan bagi pemenuhan kebutuhan simbolis ini berupaya mengasosiasikan kegunaan brand dengan kelompok, peran, atau citra diri yang diinginkan. Pemasar brand dalam ketgori ini seperti produk kecantikan, perhiasan, minuman beralkohol, dan rokok umumnya merupakan pemenuhan dari kebutuhan simbolis.
    .
  • Kebutuhan Experiental (Experiental Needs)
    Konsumen merupakan representasi dari keinginan mereka akan produk yang dapat memebrikan rasa senang, keanekaragaman, dan stimulasi kognitif. Manajemen konsep brand yang diarahkan kepada kebutuhan experiental mempromosikan brand sebagai sesuatu yang istimewa dan mempunyai cita rasa yang tinggi (terlihat elegan, merasa sehat, berbau harum, terdengar bijaksana, merasa amat bahagia, dan lain sebagainya) atau kaya dengan stimulasi kognitif (bersemangat, menantang, menghibur, dan sebagainya).

Itu berarti konsumen mempunyai kebutuhan, sedangkan brand mempunyai atribut dan ciri yang dapat memuaskan kebutuhan-kebutuhan tersebut. Oleh karena itu, manfaat brand untuk memuaskan kebutuhan konsumen. Jadi, Anda harus memahami, bahwa hubungan brand dengan kebutuhan konsumen dapat dianggap sebagai dua sisi dari satu koin yang sama.

Bagaimana dengan Brand Anda?

 

Sumber : saveasbrand.com– link

===========================
Konsultasikan peningkatan Brand  anda dengan Riau Brand, hubungi :
Phone :(0761) 6700 858
WA dan Telegram :0822 8537 8998
Instagram : @riaubrand
Email : info@riaubrand.com

 



Leave a Reply