Mendongkrak Afinitas demi meningkatkan Brand Advocacy

Mendongkrak Afinitas demi meningkatkan Brand Advocacy

 

Ini merupakan tahapan paling kritis karena di tahap ini, pelanggan bisa terdorong melakukan advokasi pada merek maupun produk kita. Biasanya, hal ini terkait dengan pengalaman pelanggan paska pembelian. Ini terkait dengan customer service maupun layanan purna jual yang disediakan oleh perusahaan.

 

Merek perlu membangun customer engagement dengan baik. Relasi dengan pelanggan benar-benar dijaga. Di sini, perusahaan harus memperlakukan pelanggan sebagai manusia seutuhnya yang memiliki hati, perasaan, dan pikiran. Relasi merek dan pelanggan yang dibangun haruslah sejajar sebagai sahabat – bukan lagi di bawah sebagai objek atau di atas sebagai raja yang cenderung “dijilat.” Relasi harus dilandasi kejujuran, keadilan, dan nilai-nilai baik lainnya.

 

Pemasar perlu menyeimbangkan antara high-tech dengan high-touch. Apa artinya? Pemanfaatan teknologi (machine-to-machine) itu penting untuk membangun customer engagement lebih erat, namun harus diimbangi juga dengan sentuhan manusia (human-to-human) di semua touch point. Jadi, kalau mau membangun relasi dengan pelanggan di media-media sosial, jangan biarkan pelanggan merasa dilayani oleh robot. Bangunlah relasi personal percakapan dengan pelanggan. Customer engagement ini juga bisa dibangun melalui gamifikasi yang membuat pelanggan merasa dilibatkan sekaligus terhibur.

 

Sumber : marketeers.com– link

===========================
Konsultasikan peningkatan Brand  anda dengan Riau Brand, hubungi :
Phone :(0761) 6700 858
WA dan Telegram :0822 8537 8998
Instagram : @riaubrand
Email : info@riaubrand.com

 



Leave a Reply