communal-branding

Communal Branding

Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Demikian pepatah yang menjadi penyemangat kita. Sebagaimana perumpamaan sapu lidi, bahwa ketika kita sendirian akan mudah dipatahkan tapi jika diikat menjadi satu akan menjadi kuat.

Begitupun bagi sebuah brand, jika sendirian akan menjadi berat dalam membangun dan mempertahankan brand tersebut. Bagi perusahaan besar dengan sumberdaya yang besar, mungkin bisa sendirian bahkan berupaya mendisrupsi brand lainnya. Tapi bagi produk-produk UKM perlu pembelaan dari komunitasnya, untuk itulah perlu bersatu, membangun ikatan emosi untuk saling membela.

Kesadaran tentang komunal brand ini menjadi sangat penting sejak berlakunya pasar terbuka MEA, dimana produk dari negara tetangga bebas berkompetisi di pasar kita. Memproteksi pasar tidak mungkin lagi, kecuali dengan membangun ikatan emosi antara komunitas yang menjadi produsen sekaligus juga pasar.

Komunal brand juga akan menghindari klaim sepihak dari negara tetangga atas produk-produk yang telah menjadi warisan kekayaan budaya kita. Pemerintah, terutama pemerintah daerah perlu segera menggerakkan komunal brand di daerahnya, bisa berbasis desa atau komunitas. Dan Riau Brand siap menjadi mitra pemerintah untuk hal ini.

Ada yang bisa kami bantu?

Hubungi kami sekarang jika anda ingin berkonsultasi tentang Brand.

Ingin Berkonsultasi Dengan kami?